Tuesday, December 29, 2015

[Ayo Piknik] Eksplor Banyuwangi with Jong Java part 3

Kembali lagi di postingan Eksplor Banyuwangi hari ketiga alias hari terakhir! Maapkeun ya jedanya cukup lama antara post kedua dan ketiga ini, maklum libur panjang jadi males ngeblog :p Untuk yang mau baca post pertama bisa Part 1 dan post kedua bisa klik Part 2 . Cus!

Di hari terakhir liburan, Subuh ini kami dibangunkan dan langsung packing dan sekalian check out dari penginapan (selamat tinggal penginapan horor!). Agenda hari ini adalah rafting di tempat yang dirahasiakan *alah*, lalu langsung diantar ke Stasiun Surabaya Pasarturi. Setelah berkendara sekitar 1 jam lebih sedikit, kami sampai di Kalibadeng, lokasi rafting. Masya Allah, indah sekali dan sejuk lokasinya. (sampe sekarang sih masih penasaran kenapa dirahasiakan sama Mas Arie-nya, hahaha). Di Kalibadeng ini selain rafting, ada tubing juga. Sebelumnya, kami dapat sarapan nasi box dahulu (paketnya harusnya termasuk makan siang, namun karena kami harus balik ke Surabaya jadinya ditukar ke makan pagi). Setelah kenyang, kami langsung mengambil life jacket dan helm, lalu naik truk bak mendaki bukit sekitar 15 menit lewat jalan kecil, sepi menembus hutan. Sampai di di tengah hutan, kami diturunkan dan ditinggal begitu saja briefing sejenak + senam ringan sebelum turun ke sungai. Kami dibagi bertiga-tiga+1 guide (jadi berempat dalam 1 perahu karet), dan turun menapaki jalan kecil dan langsung nyemplung ke sungai yang airnya sangat jernih.

Sarapan dulu

Sebelum rafting, pose dulu di X-Badeng :D

Anak kambing naik mobil bak

Sepi bener ye

Airnya dingin! Kami dapat jatah rafting sekitar 1 km, dan itu memakan waktu sekitar 2 jam. Asyik banget! Awal-awal masih tenang, paling cuma dayung kanan-dayung kiri aja, dan perahu saya (saya, partner dan Ratna) masih melaju tenang sedangkan 3 perahu lain sudah kebolak-balik :))) Sekitar 250 meter, kami berhenti di daerah yang alirannya tenang, tinggi airnya selutut dan bawahnya berbatu bulat besar. Di sana, kami dikasih waktu sekitar 5 menit untuk istirahat dan bermain-main. Buat anak yang biasa tinggal di perkotaan, mainan kayak gini tuh seru dan priceless banget :D

Habis itu, 250 meter kemudian kami berhenti lagi di dekat saung kecil yang dibangun khusus oleh Kalibadeng. Di sana kami disambut dengan sepiring bakwan goreng hangat dan wedang jahe. Mantap! Habis kedinginan dikasih camilan hangat dan enak (plus difotoin sama krunya, hahaha). Dari sini kelihatan lingkungan sekitar sungai yang sepiiii sekali, hijau, hanya 1-2 petani lokal/penambang pasir yang lewat. A great place to escape deh. Nah, beberapa meter dari sana, ada 1 jeram yang lumayan tinggi dan arusnya deras.

Bakwan dan wedang jahe, come to us!

Ini dia jeram yang lumayan tinggi itu

Maka nikmat Tuhan yang mana yang kamu dustakan?

Eh, ada yang nyangkut

Haeee..

Sampai di pos terakhir, kami langsung mandi dan siap-siap pulang. Jam sudah menunjukkan pukul 11 siang, padahal perjalanan Banyuwangi-Surabaya itu paling cepat 8 jam, dan kereta saya berangkat pukul 20.00 (sementara KA teman-teman saya berangkat pukul 21.00). Saya masih tenang di sini, sampai pas berhenti makan siang dan sholat, ketika jam tiba-tiba sudah menunjukkan pukul 1 siang. Astaga, waktu berjalan cepat sekali! Saya langsung deg-degan dan gak tenang, takut ketinggalan kereta (soalnya tiketnya mahal, sayang kalau hangus :p ), dan besoknya saya harus masuk kerja karena cuti sudah habis. Pas cari back-up tiket, sudah habis semua dan baru ada lagi hari Senin pagi. Saya sampe nanya ke temen saya yang masinis, ada kemungkinan kereta terlambat apa ngga, huahaha. Mana ada macet di beberapa spot, lagi. Dari duduk manis, gelisah, hampir nangis, bolak-balik lihatin jam sampe akhirnya cuma bisa pasrah dan berdoa terus. Pas teman-teman saya bercanda ketawa-tawa, saya udah gak sanggup ikutan bercanda dan milih tiduran aja di mobil sambil mantau G-Maps :D

Dan Allah SWT Maha Baik sama saya, sejak masuk tol dari Pasuruan sampai Surabaya jalanan lancar dan lengang sekali. Pak Supri sang sopir jagoan langsung ngebut sengebut-ngebutnya. Dan... tepat pukul 19.30 Elf kami masuk parkiran stasiun. Horee!! Super legaaa rasanya, kami langsung tepuk tangan dalam mobil :))) Saya langsung pamitan sama Mas Arie, Pak Supri dan teman-teman saya, dan boarding ke dalam stasiun, di mana KA Argo Bromo Anggrek sudah standby. And finally, KA saya berangkat dan saya sampai stasiun Jatinegara itu Subuh esok harinya, pulang ke rumah, mandi, dan langsung berangkat kerja dengan badan super ngerentek dan ngantuk berat. Temen kantor saya pada kaget, karena pada ngira saya cuti sampai Senin :D

Liburan memang sudah usai, namun kenangannya masih tetap tersimpan (bahkan saya masih ingat perjalannya walau sudah terjadi berbulan-bulan lalu). Terimakasih banyaaaak untuk Jong Java (super recommended! Laff!), especially Mas Arie sang tour leader yang super ngocol dan sabar ngadepin kami, Pak Supri sang sopir jagoan yang nyetirnya enak banget dan ga ada capenya, serta partner dan teman-teman saya yang menjadikan perjalanan ini ada dan super seru. Kemana lagi kita tahun depan?

PS: Selama perjalanan ke Banyuwangi, kami membuat video singkat yang sukses bikin saya kangen setiap putar ulang videonya. Keseruan kami dan keindahan alam Banyuwangi bisa dilihat di video ini ya.

PS lagi: Setelah sampai Bekasi lagi, partner saya baru bilang kalau memang suasana penginapan itu "rame", (you know what I mean kan?), apalagi di kamar saya karena tepat di atasnya ada pohon besar. And to make it worse, di dekat sana ada makam nelayan. Bzzzt. Alhamdulillah deh dia baru cerita pas udah pulang lagi, kalo gak bisa-bisa saya ga tidur sama sekali :D

Tunggu edisi liburan berikutnya ya!