Wednesday, May 24, 2017

[Food Talk] Masak Steak Ikan Gindara


Saya mau ngaku, saya baru pertama kali masak dan makan ikan gindara itu kemarin, hahaha. Sebelumnya udah sering lihat di resto dan di supermarket, cuma belum tahu aja mau dimasak apa. Pas kemarin main ke Superindo, eh lihat 1 potong ikan gindara (sekitar 200-300an gram) hanya Rp. 15.000. Yawdalah cus dibeli, dan langsung googling resep yang gampang :D


Steak Ikan Gindara

Bahan:
1 potong gindara, cuci bersih
1 bonggol jagung manis, pipil
2 siung bawang putih, cincang 

1/2 sdt garam
1 sdt saus tiram
1/2 sdt kecap ikan
1/2 sdt minyak wijen
Sejumput lada
Sejumput oregano


Cara Memasak:
1. Lumuri ikan dan jagung dengan bumbu (bawang putih cincang, garam, saus tiram, lada oregano, kecap ikan, minyak wijen) sampai rata
2. Simpan di freezer (gue sih sekitar 3 jam, tinggal tidur aja)
3. Panaskan teflon antilengket dengan sedikit margarin, masak ikan sampai matang kedua sisi (sebentar aja kok) lalu habis itu masak jagungnya. Terpisah ya biar jagungnya ngga gosong
4. Sajikan!






Paling enak dimakan hangat-hangat. Seharusnya sih pakai sayuran rebus dan sautee potato ya, cuma karena stoknya ngga ada, jadi pakai jagung aja deh.

Ikan gindara ini baguuuus banget buat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh,
nemberikan perlindungan dari kanker, tinggi protein serta yang terpenting adalah mengandung lemak tak jenuh yang bisa menurunkan kolesterol dan mencegah penyakit jantung, mengandung DHA yang baik untuk otak dan omega 3 dan 9 yang dapat menjaga kesehatan jantung. Yay!

Dan yang paling penting lagi, ikan gindara dapat membantu pemecahan lemak tubuh dan mengeluarkannya dari tubuh melalui kotoran! Saya sendiri kaget waktu (maaf) pup, keluarnya berminyak banget dan sehari bisa (maaf lagi) pup 2-3 kali. Tapi sekarang rasanya perut lebih enteng dan plong :)))

Yuk rutin makan ikan gindara biar lemak tubuh pada pergi!
(Sumber info kesehatan: vemale.com)

10 comments:

  1. Aku sering belanja di Super Indo. Jadi kepingin cari, di dekat rumah ada enggak ya ikan gindara. Belum pernah juga bikin steak, jadi kepingin kalau bikinnya mudah. Apalagi menjelang bulan Ramadan ya, kekebalan tubuh penting banget dijaga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, apalagi kalo banyak aktivitas mesti jaga banget kekebalan tubuh biar ga gampang sakit ya mba

      Delete
  2. wah belum pernah makan ikan gindara atau sdh pernah tp gak tahu namanya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga ga terlalu paham jenis ikan, tau namanya kalo di supermarket ada label/papannya huahahahah kalo ke pasar tradisional suka diketawain karena ga ngerti nama ikan :D

      Delete
  3. Aku pernah mba sekali mencoba memasak steak ikan gindara. Rasanya enaakk. Nih mau mencoba resep yang mba share ah. Makasih resepnya mba

    ReplyDelete
  4. Aku suka ikan ini.. Krn durinya ga banyak dan ga nyusahin pas dimakan :p. Trs baunya ga amis pula... Biasanya aku jg disteak mba.. :).. Ini , ama ikan salmon aku doyan bangetttt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga sukaa salmon, tapi karena rada mahal jadi makannya jarang-jarang hahaha :)))

      Delete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete