Monday, January 25, 2016

[Ayo Piknik] Rafting di Sungai Citatih

Weekend lalu, saya dan teman-teman dari Computer Stuff #19 Kaskus (Joko, Cero, Mozza, Awan, Om Robot+istri+anak, Agung+2 adik+pacar, Iwang, Uman, Rivky dan Mosche) berkesempatan liburan di Sukabumi, tepatnya arung jeram di sungai Citatih dengan jasa Niagara Rafting . Niagara Rafting ini terletak cukup jauh dari pusat kota, yaitu di Dusun Bojong Kerta, Desa Sirna Jaya, Kecamatan Warung Kiara, Kabupaten Sukabumi. Kalau dari arah Jakarta/Bogor, kalian cukup ikuti jalan ke arah Pelabuhan Ratu, nanti akan bertemu Kapinis Resto/Meeting Point Niagara di sisi kanan jalan.

Saya dan rombongan berangkat sejak Sabtu pagi, terbagi jadi 2 rombongan dan bertemu di meeting point pertama (Rest Area Sentul) sekitar pukul 11 siang. Setelah itu, kami konvoi ke lokasi dan setelah macet-macetan selama 3 jam (!!!) kami sampai di Kapinis Resto untuk makan siang yang terlambat, sekaligus merupakan lokasi meeting point Niagara Rafting. Di sana, kami dijemput oleh 2 orang staf Niagara Rafting menuju ke lokasi penginapan yang jaraknya cukup jauh dari jalan raya dengan kondisi jalanan naik turun curam, tapi di sana suasananya indaaaah sekali. Cocok untuk tepat get lost, menenangkan diri atau meningkatkan keakraban, karena eh karena di penginapan tidak dapat sinyal sama sekali dari provider apapun, jadi nggak bakal ada yang sibuk main HP sendiri atau update-update socmed :))) Biar begitu, fasilitas penginapan ini cukup lengkap, yaitu ada restoran, kamar mandi umum yang banyak, lapangan luas dan villa yang terletak di tepi sungai dan hutan, jadi kalau malam syahdu sekali diiringi suara arus sungai dan jangkrik. Untuk villanya sendiri bersih dan cukup lebar, di kamarnya muat sekitar 7 orang, dilengkapi AC dan meja rias, dan di ruang tamu ada beberapa kasur kecil juga. Ada TV, wastafel, dispenser dan 1 kamar mandi dalam. Lengkap juga dengan gula, teh dan kopi unlimited.

Halaman villa

Halaman villa *tolong abaikan modelnya*

Samping villa, langsung sebelahan sama sungai Citatih. Cantik!
Kamar di villanya

Ruang tengah villa. Di sini nanti ada kasur2 kecil lengkap dengan bantal dan selimut

Rombongan kami akan berarung jeram hari Minggu pagi, jadi kami menghabiskan Sabtu malam ini dengan bersantai sambil bakar jagung dan main domino. Saat itu alhamdulillah cuaca cerah tapi anginnya cukup kencang. Rombongan pria pada begadang sampai pagi, sedangkan yang cewek2 pada tidur cepat semua karena suhunya adem banget dan enak buat bobo-boboan :D

Minggu pagi, setelah sarapan sekitar pukul 8.30 kami naik mobil pick up sekitar 30 menit menuju lokasi start arung jeram. Oh iya, untuk paket raftingnya sendiri lengkap banget, kami dapat kelapa muda, makan (malam, pagi dan siang serta snack berupa pisang goreng dan ubi), perlengkapan rafting, air mineral selama rafting, pijat, sertifikat dan asuransi. Di meeting point Kapinis Resto kami mampir sebentar untuk menjemput 2 teman dari Kaskus Regional Sukabumi, baru langsung meluncur ke sungai Citatih. Setelah pakai perlengkapan berupa safety jacket, helm dan ambil dayung, kami ikut safety briefing sebentar mengenai aturan-aturan selama arung jeram. Ngga main-main lho, harus diikuti semua aturannya supaya tetap selamat dan aman selama arung jeram. Secara ya, arus sungainya cukup deras, lebar, jeramnya banyak dan kedalamannya sekitar 3 meter.. *gleg*

Saya ada di perahu 3 dengan leader Mas Deni, dan seperahu sama Joko, Cero, Mozza dan Awan. Kami melintasi sungai sepanjang 12 km selama 2 jam dan melewati sekitar 20 jeram dengan macam-macam variasinya, ada yang biasa saja dan ada yang ekstrim. Super seru! Lupa deh sama air sungai yang cokelat itu, langsung pada main basah-basahan dan siram-siraman air. Tapi sedihnya, agak banyak sampai bertebaran di sungainya, terutama styrofoam bekas makanan tercecer di tepi sungai :( Tepat jam 12 siang, kami selesai berarung jeram, langsung mendapat kelapa muda segar, mandi dan beberes untuk check out. Setelah makan siang kami pun langsung kembali ke rumah dan menembus kemacetan + hujan deras sepanjang Sukabumi-Depok-Bekasi.

Computer Stuff #19 Kaskus!

Saya memang pernah berarung jeram di Banyuwangi tahun lalu (cek postingan ini), namun arung jeram di Sukabumi kali ini memberi pengalaman baru dan berbeda untuk saya. Super happy! Lupa deh sama kulit gosong dan bahu sakit karena ngedayung :D Terimakasih untuk Niagara Rafting atas servis yang sangat baik ini, semoga lain kali bisa berkunjung ke sana lagi yaa.. Saya memang ngga bisa renang, tapi suka banget olahraga air, dan saya penasaran mau coba arung jeram 26 km , rasanya kayak gimana ya? :D

BTW, kalau kalian berminat pakai jasa Niagara Rafting ini, boleh lho email saya. Nanti saya kasih contact personnya ;)

1. aku mah takut , gak berani coba , rada takut dengan air yang bergelombang

1. Aku juga awalnya takut, mana ngga bisa renang. Tapi pas udah sekali coba malah ketagihan. Yang penting ada life jacket deh :D

2. Aku pernah sekali rafting, mba. Seru banget. Pas ada program promo dari kantor :) Makasih infonya mba :)