Tuesday, April 23, 2019

Cerita Kelahiran Ryzendria

Hola!

Setelah sekian lama hiatus dari blog, akhirnya saya kembali lagi dengan status ibu 1 anak, wkwkwk.. Alhamdulillahirabbilalamin, Maret 2019 lalu saya sudah melahirkan putra pertama saya dengan selamat, sehat dan bahagia di usia kehamilan 38 minggu 1 hari - dengan sedikit kehebohan yang menyertai. Gimana ceritanya? Jadinya normal apa SC sih? (Ini pertanyaan sejuta umat ya kayaknya tiap habis ada yang lahiran, hihi)


PS: saya punya minus mata dan silinder yang lumayan tinggi (minus mata sudah di atas 5) dan disuggest dsog saya untuk lahiran SC, tapi suami punya temen kuliah seorang bidan senior super berpengalaman yang juga pemilik klinik bersalin dengan metode hypnobirthing di daerah Bekasi, dan beliau sudah pernah nanganin lahiran normal dengan pasien minus mata belasan, jadi pas usia kehamilan masuk 8 bulan kami pindah konsul ke beliau dan ikut prenatal yoga di sana. Pas USG hari Seninnya, posisi janin sudah bagus kepala di bawah, BBJ sekitar 3kg, ketuban cukup, plasenta bagus, pokoknya pede banget bisa lahiran normal.

PSS: postingan ini bakal panjang banget. Kenangan terbaikku seumur hidup :"

Kamis, 28 Maret 2019, UK 37 minggu 6 hari

Bangun pagi (setelah kemarin-kemarin baru bisa tidur pagi zzz), dengan kondisi kurang enak badan dan perut terkadang berasa kram (I thought it was Braxton Hicks alias konpal euy), saya mendadak kepengen banget makan bubur ayam. Akhirnya pesan via GoFood, dan pas lagi keluar ketemu abang GoJek-nya saya kok ngerasa ada yang aneh 'di bawah sana' ya? Awalnya saya kira keputihan biasa, tapi kok naluri berkata bukan *alah*. Akhirnya saya langsung ke kamar mandi dannnn menemukan flek darah campur lendir gitu di pakaian dalam saya. Kaget dan agak panik dong, karena yang saya tau kalo udah keluar flek itu salah satu tanda mau lahiran, dan makin lama kram di perut makin berasa walau masih bisa ditolerir. Langsunglah saya nelepon suami, minta dia cepetan pulang. Sambil nunggu, saya download aplikasi buat ngitung jarak dan durasi kontraksi sambil dengerin hypnobirthing biar agak rileks.

Siang ke sore, jarak dan durasi kontraksinya semakin nyata dan saya mulai agak ga tahan sama sakitnya. Feeling saya sih berkata 'kayaknya udah ada pembukaan nih', walau dalam hati lumayan cemas dan siap gak siap karena sebenernya HPL saya itu 11 April 2019, jadi semacam belum siap tempur banget, barang bayi aja masih ada beberapa yang belum kebeli. Lalu habis Maghrib saya dan suami ke Klinik Bidan Desi / Perwira Medical Center (ini klinik teman kuliah suami saya yang saya ceritain di atas), udah siap tempur bawa hospital bag segala. Lalu setelah di-VT (yang rasanya sulit diungkapkan dengan kata-kata), hasilnya..

Belum ada pembukaan, janin masih berproses turun ke arah mulut rahim :) :(
Saya langsung mikir, subhanallah baru proses turun aja rasanya sudah begini, gimana nanti pas udah pembukaan? Pembukaan komplit? Pas ngejan dan janin keluar? Bener-bener perjuangan berat seorang ibu, pertaruhan hidup dan mati ya..

Akhirnya sama bidan jaga di sana diafirmasi positif, disuruh pulang lagi, besok atau kapanpun merasa kontraksi makin kuat dan dekat barulah balik lagi buat diperiksa lebih lanjut. Saya dan suami memutuskan untuk jalan-jalan dulu ke mall biar rileks dan happy, sekalian makan malam dan ketemu sama mama mertua dan teman kami. Duh, di sana saya udah kayak nenek-nenek deh, jalan cuma bisa pelan banget dan sedikit-sedikit berhenti nahan sakit di perut :D

Jumat, 29 Maret 2019, UK 38 minggu 0 hari

Sepanjang malem susah tidur, kebangun terus dan mulai gak napsu makan karena lebih fokus ngerasain sakitnya. Pinggang mulai panas, flek keluar terus, perut keras, kontraksi makin berasa, seperti kata orang sakitnya kayak kram menstruasi tapi puluhan kali lipat wkwk. Sore hari, kakak ipar saya datang ke rumah dan ngajak kami balik lagi cek ke klinik, dan di-VT lagi hiks. Hasilnya...

BARU PEMBUKAAN 1!
Lagi-lagi disuruh pulang lagi sama bidan jaganya setelah diafirmasi positif dan diademin sama beliau. Yaa baiklah.. Hiks..

Sabtu, 30 Maret 2019, UK 38 minggu 1 hari - THE DAY!

Pagi hari mama mertua dateng ke rumah. Saya coba jalan pelan-pelan di dalem rumah walau sulit (kan katanya kalo banyak gerak mempercepat pembukaan ya), dan rasanya kontraksi makin dahsyat dari kemarin. Habis Dzuhur kami ke klinik lagi, di-VT lagi dan ternyata baru pembukaan 2 menuju 3 heuheuheu. Sebenernya kalau udah mau nginap di sana sih ngga papa, cuma tim bidan ga bisa jamin apakah saya akan lahiran dalam waktu cepat atau malah beberapa hari lagi, karena biasanya di sana yang mulai nginap itu yang udah pembukaan 4 ke atas. Gak lama, tante saya nyusul ke klinik sambil bawain minuman dingin dan cemilan, dan setelah diskusi saya memutuskan pulang ke rumah ibu saya, yang kebetulan baru sampai habis acara gathering dari luar kota.

Di rumah ibu saya jadi rame banget (ada ibu, mama, suami dan 2 tante), dan saya + suami dikasih wejangan-wejangan sama yang sudah berpengalaman lahiran. Saya pun disuruh minum air madu, pocari sweat, air kelapa dan makan kurma sambil goyang-goyang di gym ball. Sekitar Ashar jelang Maghrib, pas para orangtua sibuk nyiapin makan malam di dapur, saya pun mandi dan entah kenapa pengen mandi keramas, yang bener-bener fresh dan segar walau mandinya jadi lama banget karena kalo kontraksi dateng saya diem dulu gak kuat angkat gayung :D

Habis Maghrib badan rasanya capek banget. Akhirnya saya masuk kamar ibu, pengen rebahan dulu sambil nyoba tidur sekalian nunggu makan malam siap. Baru aja naro HP, miring kiri, peluk guling, tiba-tiba ada yang 'meluncur turun' dari perut ke arah vagina, ada sensasi 'tekk' kayak balon pecah dan BYUR.. kasur mendadak banjir. Waduh, ini pecah ketuban? Apa jangan-jangan keputihan? Apa saya ngompol?

Saya langsung panik manggil ibu saya, dan beliau mengonfirmasi kalau itu benar ketuban. Suami langsung nelepon ke klinik, dan karena di sana lagi ngga ada dokter plus bidan Desi-nya lagi di luar negeri, kami disarankan langsung ke RS terdekat aja karena sudah pecah ketuban dan jarak dari rumah saya ke klinik bisa 1 jam lebih karena lewat jalur macet. Akhirnya kami ke RS Ananda Bekasi yang cuma 5 menit dari rumah saya dan memang saya kontrol bulanan di sana (tapi kemarin hampir 20 menit karena Bekasi macet malam minggu!) dan saya langsung dibawa ke UGD, diperiksa dan langsung dibawa ke ruang observasi untuk di-CTG. Alhamdulillah saat itu cuma saya seorang pasien yang mau melahirkan, jadi saya ga kedistrak sama pasien lain, tapi ya jadinya cuma seorang yang menggerung-gerung karena kontraksi dan mulas setelah ketuban pecah itu masya Allah lebih DAHSYATTTTT dan jaraknya dekat, plus muncul hawa pengen ngejan - tapi belom boleh!

Setelah dicek oleh bidan jaga (alias di-VT beberapa kali hiksss), pembukaan saya berjalan cepat, hasil CTG bagus, tapi posisi janin masih jauh dari jalan lahir dan ketuban mulai habis (karena tiap kontraksi datang, ketuban pun ngucur sampe sempet ganti alas kasur di RS). RS merekomendasikan SC karena minus mata lumayan tinggi, namun karena pembukaan berjalan baik maka jika ingin tetap normal boleh saja dan asalkan suami tanda tangan surat pernyataan kalau ada risiko yang nantinya muncul seperti minus mata naik drastis, retina lepas atau yang terparah kebutaan maka RS tidak tanggung jawab karena sudah menjelaskan di awal dan ini adalah pilihan kami, gitu deh. Di sini suami galau berat, satu sisi ingin saya lahiran normal karena sudah melihat saya segitu berjuangnya dan sudah pembukaan, satu sisi ada indikasi medis kalo kami maksain lahiran normal. Setelah diskusi lebih lanjut dan panjang lebar sama keluarga (bude dan tante saya pada dateng ke RS) dan pihak RS (saya ga ikut diskusi sih, udah gak kuat, terserah mau gimana deh yang penting lahir - dan di sini saya malah mikir takut meninggal dan takut baby kenapa-napa), akhirnya sekitar pukul 21.00 WIB, suami tandatangan surat pernyataan... persetujuan Sectio Caesarea :')

Yes, keputusan finalnya adalah operasi SC, setelah pemeriksaan terakhir saya sudah pembukaan 7, mulut rahim sudah lunak, tapi posisi janin masih jauh dari jalan lahir dan ketuban mulai habis, dan saya udah gerung-gerung kesakitan nahan keinginan ngejan sambil mewek. Pihak RS langsung telepon dsog saya untuk SC emergency, dan alhamdulillah beliau posisinya tidak jauh dari RS dan langsung meluncur datang. Dokter anestesi, dokter anak dan tim operasi pun siap sedia di RS tidak lama setelah ditelepon pihak RS, dan saya pun langsung ganti pakaian operasi, cek alergi antibiotik, cek urine dan cek darah.

Sekitar pukul 22.00 WIB saya pun dibawa ke ruang persiapan operasi, sendirian, sambil sesekali melenguh kesakitan pas kontraksi dateng. Gak lama di ruang persiapan, saya langsung didorong ke ruang operasi dan mulai persiapan bius. Surprisingly, saya ga ngerasa sakit atau ngilu sama sekali pas disuntik di beberapa titik di tulang punggung, padahal katanya bius SC itu sakit banget. Apa karena udah ketiban sakitnya kontraksi ya? Atau memang ternyata saya lebih tahan sakit disuntik/infus/nyeri dibandingkan sakit kontraksi dan rasa mulas?

Setelah bius bekerja.. Masya Allah, semua sakit hilang (yaiyalah), buat saya yang udah ngerasain sakit dari 2 hari sebelumnya ini rasanya nikmat dan surgawi banget, habis kesakitan parah tiba-tiba langsung nyaman. Dsog saya masuk bersama tim operasi lain, nyapa saya sebentar, mulai nyayat perut saya (iya, saya ngintip lewat monitor di belakang saya dan lampu operasi di atas saya, kan mantul tuh wkwk), dan..

Lahirlah anak laki-laki pertama saya, cinta saya, yang ketika diangkat dari perut dan nangis bikin saya ikutan nangis juga saking terharunya.

Ryzendria Fatagar Joantama
30 Maret 2019

Sehubungan saya agak sesek napas dan menggigil kedinginan selama proses penjahitan kembali, jadinya kami ngga IMD. Sambil sesekali ngintip proses jahit menjahit (wow oke bisa dibilang saya cukup berani ya nonton proses bedah perut sendiri, secara jaman muda dulu senengannya nonton Final Destination yang darah di mana-mana), yang bikin agak kaget sih pas dokter anak mengobservasi kondisi bayi, ternyata berat badan lahir Ryzen 3625 gram wkwkwk pantes kamu agak susah dan lama turun ke jalan lahir Ibu ya, nak :")

First meet sama Ayah, habis diadzanin

First meet sama Ibu. Kaku banget gendongnya ga luwes wkwk

Setelah semua rangkaian proses operasi selesai sekitar pukul 23.30 WIB, Ryzen dibawa ke ruang perina, saya dibawa ke ruang recovery sembari nunggu kamar rawat disiapkan - dan saat itu saya baru ketemu suami dan keluarga lainnya, yang ternyata pada nungguin saya sampe Ryzen lahir, semalam itu. Gak lama langsung dibawa ke kamar rawat, ngobrol sebentar dan blesssss tidur pules, yang rasanya nikmat banget. Kebangun sebentar pas Minggu pagi karena muntah (asam lambung naik, efek ngga puasa 8 jam sebelum operasi, yaa namanya juga emergency), lalu tidur lagi dan baru bener-bener bangun dan sadar Minggu sore, pas Ryzen diantar ke kamar rawat saya. Alhamdulillahnya, saya kan harusnya sekamar berdua, tapi bed sebelah saya kosong jadi berasa kamar VIP deh hahahaha. Dirawatnya ngga lama kok, Senin sore saya udah boleh pulang, area perut sakitnya masih bisa ditolerir (bisa dibilang sakitnya kayak habis dipukulin kali ya, dan perih sedikit di ujung-ujung jahitan), dan saya udah bisa bangun-duduk-berdiri-jalan ke toilet dengan baik, cuma miring kanan kiri yang masih berasa nyeri. Oiya, dsog saya dr Widiyati Nurhazanah, jahitannya bagus, rapi dan ga sakit, kontrol bulanan sama beliau juga menyenangkan.

Alhamdulillahirabbilalamin, memang setiap persalinan memiliki cerita berbeda - dan pelajaran berbeda pula. Apalagi case saya ini, udahlah ngerasain kontraksi dan mulas dahsyat, eh ujungnya operasi juga ngerasain perut dibongkar pasang :D
BTW, yes, saya lahiran menggunakan BPJS dan BPJS Ryzen langsung diurus 2 hari setelah lahir, jadi alhamdulillah proses persalinan SC saya ini gratis dibayarin Indonesia. Yuk rajin bayar BPJS Kesehatan guys, untuk saling membantu saudara yang membutuhkan!

Tantangan selanjutnya adalah mengasuh bayi newborn dan meng-ASI-hi! Bisa kan, Nis?

Harus bisa dong, Bu!

No comments:

Post a Comment