Thursday, January 7, 2016

Menuju 11 Januari : Jalur Bekasi 2nd Anniversary!

Sebagai pengguna Commuter Line sejati, rasanya ngga lengkap kalau ngga bergabung di komunitasnya. Selain bisa dapet teman seperjalanan, sahabat, keluarga, info-info terupdate seputar Commuter Line, join event-event yang seru, sampai dapet jodoh. Saya sendiri mulai rutin menggunakan Commuter Line untuk beraktivitas sejak tahun 2012, namun baru bergabung di komunitas Jalur Bekasi sekitar Maret 2014, dan sejak saat itu saya bagai memiliki keluarga kedua. Dan 11 Januari 2015 esok, Jalur Bekasi sudah berusia 2 tahun lho! Jadi saya mau menuliskan seputar Jalur Bekasi, dari pandangan saya :)


1. Kenapa sih mau naik Commuter Line?
Alasan pertama: cepat dan relatif murah :D Dulu saya sempat kerja di daerah Kuningan. Kalau naik angkot nyambung TransJakarta saya perlu waktu 2.5 jam dan lelah ketemu macet, ongkos banyak dan ganti-ganti transportasi. Tapi semenjak naik Commuter Line, dari Cakung-Manggarai dengan ongkos Rp. 6.500 (sempat naik jadi Rp. 8.500 tapi cuma sebentar) cuma perlu waktu 20 menit saja pemirsa! (note: kalo lancar, ga ditahan dan ga ada gangguan). Ditambah naik Kopaja dari Manggarai-Kuningan paling cuma 15-25 menit. Lumayan, bisa bangun siangan dikit *kikir kuku*. Apalagi saat ini tarifnya turun. Kapan lagi Cakung-Pasar Minggu cuma Rp. 2.000? Lebih murah dari ongkos Metromini!
Selain itu, jadwalnya relatif pasti dan bisa ditrack posisinya sudah sampai mana. Jadi masih bisa memutuskan mau langsung naik, nunggu CL belakangnya aja atau mau wisata kuliner dulu :p

2. Tapi kan penuh banget tuh, umpel-umpelan sampe dorong-dorongan, AC panas, gangguan mulu, ditahan mulu, tempat duduknya sedikit, ah malesin deh?
Iya memang sih, tapi justru dari buuuuanyaknya pengguna Commuter Line saya bisa ketemu keluarga baru kan? Lagian gak setiap hari keadaan Commuter Line seburuk itu kok, apalagi kalo jago cari selahnya ;)

3. Kenapa sih mau join di Jalur Bekasi?
Awalnya karena coba-coba dan faktor ekonomi saya suka berteman dan bersosialisasi #eaaa. Waktu itu pernah join di sebuah komunitas, tapi rasanya kurang cocok karena komunitasnya ngga terlalu related dengan kondisi sehari-hari. Nah, karena saya rutin naik Commuter Line dan tinggal di Bekasi, jadilah saya memilih follow akun Twitter @JalurBekasi dan join ke komunitasnya. Alhamdulillah, walau roda berputar kadang naik kadang turun, saya tetep betah dan cinta sama Jalur Bekasi ini :)

4. Masih inget nggak kapan pertama kopdaran?
INGET BANGET! Karena momen ini adalah momen saya ketemu pertama kali sama partner *tersipu malu*.
Jadi, saya udah join ke WhatsApp Groupnya semenjak bulan Maret 2014, tapi ngga pernah ikut kopdar dan jarang muncul di grup karena malu. Malu belum kenal sama member-membernya, belum mudeng sama obrolannya dan bingung mau ikut ngobrol mulainya dari mana. Jadinya yaa cuma silent reader aja, sampe sempet pengen leave group aja. Tapi, pada suatu hari, tanggal 17 April 2014, di grup ada omongan soal pembuatan lanyard (tali kalungan buat nempatin kartu) untuk member Jalur Bekasi. Dan dikasih tahu kalo produksi pertama cuma 10 atau 20 lanyard aja, dan akan diberikan free untuk member yang ketemu di Stasiun Manggarai malam harinya. Lumayan banget kan! :D Jadilah malam itu pulang kerja saya mampir ke Stasiun Manggarai dulu, dan di sana ketemu Mamah Rini dan BT. Sambil nunggu temen-temen lain yang lagi ikut syuting Net TV, kami beli cemilan dulu. Nah, pas Commuter Line masuk di jalur 4, kami bertiga naik dan kondisi di dalamnya penuh namun ga terlalu padat. Geser ke tengah gerbong, kami ketemu sama teman-teman yang sudah duduk di sana, dan saya dikasih duduk sama seorang cowok. Terus dia kasih lanyardnya, kami kenalan, ngobrol-ngobrol, makan berdua, pergi berdua, sampai akhirnya dia jadi partner saya sampai hari ini (dan semoga selamanya). Lanyardnya pun saya pakai terus sampai sekarang :) Semenjak itulah, baru saya berani ikut ngobrol di grup, ikut kopdar, sampai sekarang jadi member yang cukup aktif di sana.

5. Ngapain aja sih kegiatan Jalur Bekasi itu?
Macem-macem. Nggak semua kegiatan kami itu berkisar seputar Commuter Line, tapi ada buanyaaaak banget. Dari kopdar rutin, arisan, bakti sosial, buka puasa bersama, futsal, Christmas Dinner, Family Gathering, jalan-jalan, bagi-bagi jadwal imsak, bagi-bagi takjil, bagi-bagi cokelat pas campaign Tempat Duduk Prioritas, diskusi sama manajemen soal keluhan dan saran masukan seputar Commuter Line, kopdar sama komunitas kereta lain, ah banyak deh! Yang jelas kegiatannya itu positif semua, ngga bakal merugikan atau mebahayakan. WhatsApp Groupnya pun rame terus, saat ini sudah ada 2 grup dengan anggota hampir 200 orang dengan obrolan gak hanya seputar Commuter Line aja, tapi juga info sehari-hari, becandaan, curhat-curhatan, kuliner dll.

Bagi-bagi takjil di Stasiun Bekasi

Bakti Sosial di bulan Ramadhan

Halal Bihalal sama teman-teman Jalur Serpong dan Jalur Depok Bogor di KRB

JB 1st Anniversary di Stasiun Bekasi

Kopdar Rutin dan Arisan Bulanan di Stasiun Jatinegara

Year End and Christmas Dinner di Fat Fat Restaurant

6. Manfaatnya apa join di Jalur Bekasi?
Ketemu partner *uhuk*. Bagi saya, join di Jalur Bekasi memberikan saya banyak teman baru dan sahabat, serta bagaikan ketemu keluarga kedua. Tingkat kepedulian membernya tinggiiii banget, super helpful kapanpun lagi butuh, siapapun yang lagi butuh dan apapun kebutuhannya, selagi bisa dibantu pasti dibantu. Terus bisa dapat info dan pengetahuan terupdate seputar Commuter Line, ngerti jenis-jenis kereta dan istilah seputar kereta, kenal sama karyawan PT KCJ baik dari level manager, staff sampe PKD, PPKA dan masinis *alah*, diundang ikut event dari PT KCJ, dan banyak lagi. Kemudian dengan banyaknya kegiatan di dalamnya, bisa membuka kesempatan kami jadi panitia acara dan mengeksplor kemampuan masing-masing. Sejauh ini saya sudah pernah jadi panitia di beberapa event dan dipercaya jadi salah satu anggota team social medianya. Lumayan, bisa dicantumkan di CV dan Linked In :)))

7. Ada dukanya nggak selama join di Jalur Bekasi?
Ada. Yaitu kuota internet cepet habis dan storage handphone cepet penuh. Ini termasuk duka ngga? :p

8. Punya harapan apa untuk Jalur Bekasi?
Semoga ke depannya member Jalur Bekasi semakin banyak, semakin kompak, kepedulian semakin tinggi, semakin aktif, semakin berkibar *bendera kali ah*, kegiatannya semakin banyak dan bermanfaat untuk banyak orang, bisa berkontribusi untuk kemajuan perkeretaapian, pokoknya semua doa yang baik-baik deh! Aamiin!

Seru banget kan? Nah, kalo kamu pengguna Commuter Line, tinggal atau menggunakan Commuter Line di Bekasi line (Bekasi dan sekitarnya-Kranji-Cakung-Pd Kopi-Buaran-Klender dst), yuk join! Kalau ketemu orang dengan lanyard Jalur Bekasi, colek aja dan aja ngobrol. Jangan lupa cek dan follow/like socmed kami di Twitter, Fanpage, Instagram dan Website. Oh, iya, lagi ada kuis video testimoni juga lho jelang #JB2ndAnniv! Info lengkap cek https://www.instagram.com/p/BALLBiptdlc/?taken-by=jalurbekasi. Hadiahnya asoy!

Selamat ulang tahun ke dua, Jalur Bekasi! Semoga semua doa baik terkabul untukmu, dan kehadiranmu memberi manfaat untuk kalangan luas. Laff!

4 comments:

  1. Seru seru ya kak kegiatannya...

    ReplyDelete
  2. aku blm pernah naik comuter line.. kalau muter muter si pernah hehe salam knal ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga.. Yuk sesekali cobain naik CL, asyik lho :D

      Delete